Kejujuran Sebagai Self Management bagi ASN

 



Kejujuran merupakan bagian dari self management yang harus dimiliki oleh Aparatur Sipil Negara (ASN). Self management merupakan kemampuan untuk mengendalikan diri dari suatu tindakan yang sedang dilakukan atau hendak dilakukan, baik dari aspek pikiran maupun ucapan, agar dirinya terdorong untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karakter jujur yang tertanam pada diri setiap ASN akan menuntunnya dalam melakukan kebaikan dan mencegahnya dari perbuatan yang melanggar aturan dan merugikan Negara. Diatur pada pasal 23 UU no 5 Tahun 2014 tentang ASN, mengatur tentang kewajiban sebagai ASN. Dalam konteks kejujuran seorang ASN dapat melaksanakan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian, kejujuran, kesadaran, dan tanggung jawab.

Menanamkan kejujuran bagi ASN sebagai self management sangat urgen. Kejujuran merupakan mutiara yang senantiasa memancarkan cahaya kebaikan dan kebenaran di setiap ruang dan waktu. Sebab kejujuran adalah sumber segala kebaikan. Setiap ASN yang menghiasi dirinya dengan kejujuran baik dalam sikap, perkataan, dan perbuatan pasti akan bekerja dengan baik. Apabila kejujuran telah tertanam dalam diri ASN dan terimplementasi dalam menjalankan tugas, maka akan melahirkan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Sebaliknya, kebohongan adalah sumber kejahatan. ASN yang tidak jujur cendrung mengabaikan tugasnya, berlaku curang, dan merugikan Negara.

Manajemen diri adalah kunci keberhasilan pribadi dan karier. Kelola kemampuan Anda secara efektif, termasuk emosi, dan pengelolaan waktu mencapai tujuan yang mapan. Keterampilan manajemen diri, termasuk mengembangkan kesadaran diri, mengatur tujuan hidup, pikiran positif, dapat meningkatkan kemampuan manajemen diri, serta mengevaluasi self-efficacy diberbagai bidang. Keterampilan manajemen waktu dalam self management, dan aktif akan memastikan keberhasilan positif dan jaminan pribadi masing-masing.

Oleh karena itu, pembinaan ASN harus diprioritaskan pada pembentukan karakter jujur. Setiap ASN harus dibiasakan menjadi pribadi yang jujur terutama dalam menjalankan tugas melalui sistem yang dibangun pada satuan kerjanya masing-masing. Ruang-ruang untuk melakukan kebohongan harus dipersempit melalui pengawasan yang ketat. Dengan demikian, kejujuran akan menjadi self management yang akan menuntun ASN bangga melayani bangsa, SEMOGA!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar