Career of The Moon bagi Pegawai ASN

 

Kreativitas merupakan kemampuan untuk mencapai hasil yang bisa bagi Pegawai ASN maksimalkan dalam menyelesaikan pekerjaan. Memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk mencapai hasil yang maksimal di bidang apapun yang sedang kamu tekuni. Kita sebagai Pegawai ASN, idealnya memiliki sifat tersebut. Dengan selalu mengasah dan menjaga kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan, yang kita miliki. Apatah lagi sikap perilaku yang perlu dimiliki, setiap Pegawai ASN agar dapat melaksanakan tugas secara efektif. Mempertahankan kreativitas dalam segala kondisi ketika sedang memulai, sedang Lelah, di tengah proses, sudah sukses maupun memulai kembali. Menjadi pertanyaan bagaimana untuk tetap maju?

Amanat Wakil Presiden RI dalam Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian Tahun 2023 “Dinamika perkembangan kondisi Global tidak hanya konteks geopolitik dan arsitektur ekonomi yang berubah tapi pendekatan teori dan praktik-praktik tata kelola pemerintahan juga turut berkembang” menyikapi hal ini berbagai negara pun beradaptasi melakukan penyesuaian struktural mengikuti konteks Global yang tengah dihadapi jika tidak bergerak cepat maka kita akan Tertinggal dalam derasnya arus perubahan dan ketatnya persaingan antar bangsa.

Pengembangan Talenta bersumber PerMENPANRB Nomor 3/2020 tentang Manajemen Talenta ASN merupakan khasanah strategi pengembangan karier dan kompetensi talenta bagi Pegawai ASN. Melalui jalur ASN corporate university, sekolah kader, tugas belajar, dan bentuk pengembangan kompetensi lain, baik antar instansi dan pertukaran pegawai melalui mekanisme penugasan khusus lainnya. Salah satu tujuan yang tersirat menemukan dan mempersiapkan talenta terbaik untuk mengisi posisi kunci sebagai pemimpin masa depan (future leaders) dan posisi yang mendukung urusan inti organisasi (core business) dalam rangka optimalisasi pencapaian tujuan organisasi dan akselerasi pembangunan nasional. Klasifikasi pada tahapan Talent Management Box, kategori Kinerja di atas ekspektasi dan potensial tinggi menyampaikan rekomendasi Pegawai ASN dapat a. Dipromosikan dan dipertahankan b. Masuk kelompok rencana suksesi Instansi/Nasional, dan c. Penghargaan.

Career of The Moon bagi Pegawai ASN, merupakan dambaan dan cita-cita. Beberapa langkah dan tahapan yang dapat kita rutinitaskan, meliputi: a. Membuat jadwal dan berpegang teguh pada hal itu. Menyediakan waktu mengobservasi dan mengamati kegiatan harian, mendesain list harian, membantu ide dan pikiran tertuang dapat memberi mental Space untuk bisa bergerak maju. b. Menciptakan fenomena atau fire of missing out dimana banyak orang nggak ingin ketinggalan berita (pemahaman regulasi). Membangun mood sambil merenung dan berpikir adalah salah satu kebiasaan yang membantu kreativitas ide seringkali muncul, sediakan waktu untuk mengeksplorasi Karir. c. Jangan Berhenti bekerja dan berkarya lebih dulu do the verb forget a nouns. Belajar memfokuskan diri untuk berkonsentrasi. Menotisasi semua hal dari kreatifitas untuk melakukan, apa yang dicintai.

Pertahankan kreativitas sebagai Pegawai ASN dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa terus maju. Bertumbuh membangun rutinitas akan sangat menentukan potensi kebiasaan, bisa produktif berkarya. Arahkan perhatian, pada apa yang penting dan bermakna yang bernilai dan layak dilakukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar