Dialog Kinerja dalam Pengelolaan Kinerja ASN

 


Menemukan kebenaran atau menyepakati kebenaran, konsep dialog kinerja sesungguhnya. Tak perlu berdebat tetapi bertukar Ide metode dialog yang sesungguhnya. Ukuran keberhasilan kerja yang dicapai oleh setiap PNS adalah tujuannya. Catatan penting dalam melakukan pengelolaan kinerja Tim Pengelola Kinerja dapat berkoordinasi dengan Tim Penilai Kinerja serta memberikan ruang (dialog) kepada PNS yang tidak memenuhi pencapaian target dan Ekspektasi Pimpinan. Penilaian kinerja PNS, dan tindak lanjut penilaian kinerja sebagai alat kendali manajemen penilaian kinerja yang dilakukan secara berjenjang.

Hasil yang diharapkan dari Pegawai berdasarkan umpan balik, kendala yang dialami, dan berbagai kebutuhan pengembangan Pegawai hanya dapat diketahui apabila antara Pimpinan dan Pegawai telah melakukan dialog kinerja. Dengan demikian, pengelolaan kinerja Pegawai yang didalamnya sangat menekankan pada dialog kinerja dapat dianggap sebagai suatu instrumen untuk memenuhi Ekspektasi Pimpinan (melalui dialog kinerja antara Pimpinan dan Pegawai). Konsep pengembangan dari tahapan dialog kinerja antara PNS dan Pimpinan, memenuhi beberapa unsur, meliputi: a. Hasil yang diinginkan (Desired Result), b. Dukungan sumber daya (Resources). d. Konsekuensi (Consequences) d. Ukuran/indikator keberhasilan (Guidelines), dan e. Skema Pertanggungjawaban (Accountability).

Tertuang pasal 3 Permenpan RB Nomor 6/2022 tentang Pengelolaan Kinerja ASN, pengelolan kinerja berorientasi pada dialog kinerja yang intens antara Pimpinan dan Pegawai. Point penting dalam pengukuran Perilaku BerAKHLAK mengutamakan dialog kinerja dengan membagikan pengetahuan dan pengalaman melalui diskusi, dialog dengan rekan kerja, bawahan dan atasan. Bertujuan untuk memberikan arah kepada seluruh ASN dalam berperilaku, memberikan pelayanan, maupun melakukan pekerjaannya sehari-sehari. 

Buku Pengelolaan Kinerja PNS Tahun 2023, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau dapat diunduh pada link berikut:

https://bit.ly/Modulpengelolaankinerjapns2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar