Perpanjangan, Pelaporan Pengukuran IP ASN Tahun 2022

 


Amanat Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian Nomor: 5708/B-BJ.02.01/SD/C/2023, tertanggal 14 Juni 2023, perihal Perpanjangan Pelaporan Pengukuran IP ASN Tahun 2022, harus disikapi. Hasil Penilaian Kinerja (SKP) semua PNS wajib sudah diinput pada SIASN disamping sertifikat Diklat paling lambat 19 Juni 2023 (perpanjangan). Jika tidak maka IP ASN pegawai kita akan rendah dalam pengukuran Indeks Profesionalitas ASN. Tingkat profesionalitas ASN diperlukan pengukuran Indeks Profesionalitas ASN guna melihat kesesuaian kualifikasi, tingkat kinerja, kompetensi, dan kedisiplinan pegawai ASN dalam melaksanakan tugas jabatan. Pengukuran ini bertujuan untuk : a. Memperoleh informasi tentang penerapan dan nilai Indeks Profesionalitas di semua unit kerja, b. Mengetahui tingkat pencapaian profesionalitas, untuk memberi ukuran yang lebih jelas dalam upaya perbaikan kualitas ASN, c. Untuk menilai dan mengevaluasi tingkat profesionalitas pegawai ASN di lingkungan BKN, d. Tersedianya indikator kualitas PNS yang lebih terukur, memiliki kredibilitas dan reliabilitas ketersediaan data, e. Meningkatkan kuantitas dan kualitas data kepegawaian menjadi lebih baik, valid serta dapat digunakan sebagai sumber data dalam pengukuran Nilai Indeks Profesionalitas ASN di tahun-tahun yang akan datang, f. Memberikan saran perbaikan untuk peningkatan nilai Indeks Profesionalitas BKN untuk pengukuran periode berikutnya.

BKN memfasilitasi Pengukuran IP ASN, sampai batas waktu 30 Juni 2023, bagi Instansi Pemerintah yang belum Mengunggah Surat Pernyataan melalui email dit.jasn@bkn.go,id Format Pernyataan yang ditandatangani paling rendah Pejabat Eselon 2 di Instansi Pemerintah. 


Terdapat beberapa layanan yang bisa diakses bagi Instansi Pemerintah untuk penguasaan pengetahuan dan kecakapan di bidang tertentu. Coaching Clinic merupakan suatu layanan berupa konsultasi dan pendampingan secara daring maupun luring dengan tujuan memberikan penjelasan dan pendampingan secara teknis kepada Pegawai ASN. Untuk mengikuti Coaching Clinic silahkan klik dan daftar di bawah. Anda akan dialihkan menuju halaman form pendaftaran Coaching Clinik: https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdOtQ3qPRR5Xg7VMXnCLGCaXGp4-D_dfJKMVpzBIPojUnXvMg/viewform


Pengukuran IP ASN mengambil data melalui pengukuran nilai Indeks Profesional ASN Tahun 2022 melalui portal https://ipjasn.bkn.go.id/yang datanya bersumber dari aplikasi SAPK BKN. Indeks Profesionalitas ASN. Rekomendasi terkait pelaksanaan pengukuran dan penilaian Indeks Profesionalitas Pegawai, dapat menyajikan: a. Mempermudah pegawai dalam mengakses informasi Tugas Belajar dan Penawaran Beasiswa dalam rangka peningkatan kualifikasi pegawai ASN dan melakukan kerjasama dengan instansi baik itu instansi pemerintah maupun BUMN untuk pelaksanaan magang antar instansi, b. Melakukan implementasi aplikasi CMB (Coaching, Mentoring, dan Belajar Mandiri) serta Komunitas Belajar, c. Peningkatan kerja sama antara Biro SDM dan Pusbangpeg ASN dalam rangka penyelenggaraan pelatihan yang belum terselesaikan, d. Melakukan Pemutakhiran nilai SKP 2021 dan 2022 pada SAPK BKN. Pembenahan kinerja di Instansi Pemerintah diharapkan mampu meningkatkan peran serta fungsi yang diamanahkan. Sehingga dapat berupaya memenuhi aspirasi masyarakat dalam capaian tujuan dan sasaran pembangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar