Ekspose Seleksi CASN 2023

Penyampaian Jadwal Seleksi CASN 2023

Melalui Surat BKN Nomor 7948/B-KS.04.01/SD/K/2023, tanggal 10 Agustus 2023, ditujukan kepada Menteri PANRB terkait hal persetujuan Jadwal Seleksi CASN 2023. Pelaksanaan Penerimaan CPNS Tahun 2023 dimulai Pertengahan September 2023 sampai dengan Maret 2024. Sedangkan Penerimaan PPPK sampai dengan Pertengahan Februari 2024. Tak kalah penting penetapan kebutuhan formasi Instansi menjadi perhatian bagi peserta lamar.
“Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan sebanyak 572.496 formasi aparatur sipil negara (ASN) nasional 2023 (data per 1 Agustus 2023). Jumlah tersebut untuk formasi 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN, dan pemerintah daerah 493.634 ASN”, Ujar Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas pada Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN 2023 di Jakarta, Kamis (03/08).

Bergabung di Kementerian Agama
Kementerian Agama berperan dalam peningkatan pendapatan masyarakat melalui berbagai program dan inisiatif yang berbasis nilai-nilai keagamaan dan sosial. Tindak Lanjut Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 4/2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, pada angka 6 tertuju pada Menteri Agama. Menginstruksikan penghapusan kemiskinan ekstrem di seluruh wilayah NKRI melalui keterpaduan dan sinergi program, serta kerjasama antar kementerian. Berikut mekanisme yang dilakukan Kementerian Agama untuk tujuan ini:

Pelatihan Keterampilan Ekonomi: Kementerian Agama dapat menyelenggarakan pelatihan keterampilan ekonomi bagi masyarakat, seperti pelatihan usaha mikro, kursus pertanian berkelanjutan, atau pelatihan kerajinan tangan. Pelatihan ini akan membantu masyarakat mengembangkan keterampilan yang dapat meningkatkan peluang mendapatkan penghasilan tambahan.
Program Pemberdayaan Ekonomi: Dalam kerjasama dengan lembaga-lembaga keuangan dan organisasi ekonomi, Kementerian Agama dapat menginisiasi program pemberdayaan ekonomi berbasis agama, seperti koperasi syariah atau program kredit mikro yang adil.

Promosi Wirausaha Berbasis Agama: Kementerian Agama dapat mengedukasi dan mendorong masyarakat untuk mengembangkan wirausaha berbasis agama, seperti usaha halal atau yang sesuai dengan prinsip-prinsip etika keagamaan.

Bimbingan Kewirausahaan: Kementerian Agama sebagai penyelenggara bimbingan dan konseling kewirausahaan yang berlandaskan pada prinsip-prinsip agama. Ini dapat membantu masyarakat mengatasi tantangan dalam memulai atau mengembangkan usaha mereka.

Peningkatan Kualitas Pertanian: Melalui program pelatihan dan pendampingan, Kementerian Agama dapat membantu petani untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian mereka, sehingga mendapatkan pendapatan yang lebih baik.

Pengembangan Pasar dan Akses Keuangan: Kementerian Agama dapat bekerja sama dengan lembaga keuangan dan lembaga swadaya masyarakat untuk mengembangkan akses ke pasar dan sumber pendanaan bagi masyarakat yang ingin mengembangkan usaha mereka.

Promosi Keuangan Syariah: Edukasi dan promosi tentang keuangan syariah dan investasi berbasis keagamaan dapat membantu masyarakat memanfaatkan produk-produk keuangan yang sesuai dengan nilai-nilai agama.

Pelatihan Pengelolaan Keuangan: Mengadakan pelatihan pengelolaan keuangan yang bijak dan berkelanjutan bagi masyarakat. Edukasi tentang perencanaan keuangan, tabungan, dan investasi yang aman dapat membantu meningkatkan pendapatan dan keamanan finansial Masyarakat.

Pengharapan dari pesan tulisan ini, bagi peserta CPNS dan PPPK dapat bergabung dengan mengajukan lamaran di Kementerian Agama, sesuai dengan Hasil Keputusan lanjutan. Tentunya ASN yang direkrut Kementerian Agama Tahun 2023 ini berada di posisi kunci sebagai future leaders. Pengharapan peningkatan pelayanan terbaik dalam menjalankan birokrasi berkelas dunia dalam rangka visi Indonesia Maju 2045.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar