My SAPK BKN, Layanan Kompetensi ASN




Kecakapan seorang ASN dalam penyelesaian tugas, terdapat pada Dashboard Kompetensi ASN di laman My SAPK BKN. Dapat diakses melalui login dan username masing-masing PNS. Menarik untuk disampaikan, dua hal pembahasan Kompetensi ASN melalui Manajerial dan Sosio Kultural dan Emerging Skill. Menyampaikan indikasi terhadap perubahan segera. Cepat melakukan transformasi pola tindak, pola sikap dan pola pikir menuju pada proses digitalisasi. Penyebab kinerja birokrasi masih belum optimal dan masih belum linier pada garis kesesuaian parameter sistem birokrasi standard global.

Prospek pekerjaan, dimana sebagian besar pekerjaan akan tergantikan oleh teknologi informasi. Prospek tempat bekerja, mengharuskan teknologi informasi menciptakan inovasi tempat kerja, dan terjadi perubahan pola/sistem interaksi kerja. Tuntutan kinerja, dimana akan terjadi peningkatan volume dan konektivitas data kerja, terjadinya peningkatan tuntutan analisis dan pengolahan big data Nasional.

Kompetensi ASN melalui manajerial dan sosiokultural, dengan batasan skala/level 1 – 5, pendekatan pengembangan dengan 9 indikator. Merujuk Peraturan MENPAN RB Nomor 38/2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara. Maka diperlukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan yang diampu. Dikarenakan memiliki ukuran maka strata atau kemampuan ASN, sedapat mungkin dilakukan tingkatan. Tingkatan tersebut dibagi dalam berbagai level, terinci pada level 1 Paham atau dalam pengembangan. Level 2 Basic (Dasar). Level 3 Intermediate (Menengah). Level 4 Advance (Mumpuni) level dan 5 Expert (Ahli). 

Selanjutnya pada Emerging Skill, Keterampilan ini lebih berorientasi pada masa depan. Tuntutan kinerja yang menyeimbangkan perkembangan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi digital yang ada. Membantu meningkatkan prospek profesional dalam kinerja. Dengan ukuran 12 indikator, mempermudah adaptasi era digital. meningkatkan keterampilan kerja tim kerja serta membuka peluang untuk maju.

My SAPK adalah Aplikasi berbasis teknologi seluler untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terintegrasi dan terhubung secara daring dengan database PNS Nasional. Menjawab tantangan proses disruptive humanisasi pegawai akan terus berkurang. Dibutuhkan sistem birokrasi yang cepat, sederhana, dan tak bertele-tele. Oleh karena itu diperlukan pengukuran Kompetensi ASN, berdasarkan kesesuaian parameter dan regulasi hukum yang ditetapkan. Menjadi ukuran keharusan dalam pengelolaan ASN, di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar