Tanggal 02 s.d 15 Oktober 2023, Survei Budaya Kerja ASN.

 

Mengukur hasil dari implementasi Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding “Bangga Melayani Bangsa”. Mengakomodir ASN dari berbagai latar belakang profesi, mempunyai nilai dasar dan proposisi nilai rujukan yang sama. Terjemahan dari nilai-nilai dasar serta kode etik dan kode perilaku ASN yang tertuang dalam UU No. 5/2014 tentang ASN. Telisik hal tersebut bertujuan penyeragaman nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN sebagai fondasi budaya kerja profesional. Hasil survei menunjukkan rata-rata indeks implementasi core values BerAKHLAK di 442 instansi pemerintah yang memenuhi syarat minimum responden adalah 60,9 persen atau di kategori B yaitu Cukup Sehat. (Hasil Survei Indeks BerAKHLAK Tahun 2022, secara virtual, Jumat, 06/01/2022). Artinya terdapat 39,1 persen tidak terakomodir dalam best starter dalam penerapan BerAKHLAK. Hasil ini menunjukkan pegawai pada satuan instansi pemerintah sudah bisa dinyatakan telah mengimplementasikan nilai-nilai BerAKHLAK dalam perilaku kerja sehari-sehari dengan baik. 

Sumber: Google Trends

Bagaimana dengan Kementerian Agama? 
Kementerian Agama masuk dalam kategori Best Starter Harmonis,” terang Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag di Jakarta, Selasa (13/12/2022). Menjadi modal dasar dalam survei budaya kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di tahun 2023 yang ditaja Kementerian PANRB. Prestasi survei budaya kerja tahun 2022 tersebut merupakan kali pertama dilakukan di Indonesia. Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi, diantaranya mengenai implementasi Core Values BerAKHLAK, keselarasan antara nilai pribadi dan organisasi, serta aspirasi pegawai ASN terhadap kondisi budaya kerja yang ideal. Best starter diberikan bagi instansi pemerintah yang memiliki nilai rata-rata penerapan BerAKHLAK lebih tinggi dibanding instansi lainnya. Laman melihat dan mempelajari ragam implementasi BerAKHLAK di booth virtual: asnculturefest.panrbfestival.net
“Dengan skor indeks mencapai 70,4, budaya kinerja Kementerian Agama dinilai cukup sehat,” mengutip pernyataan Nurudin selaku Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI. Prestasi kementerian Agama ini, layaknya kita pertahankan. Membangun komitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas implementasi Core Values BerAKHLAK. Melakukan beberapa upaya pembinaan kepegawaian, menjalin Kerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) dan kampus Perguruan Tinggi Keagamaan dalam upaya peningkatan kualitas ASN Kementerian Agama.

Survei tersebut antara lain Survei Indeks BerAKHLAK, meliputi Survei Employee Engagement, dan Survei Employer Branding. Sangat diperlukan sosialisasi dan arah kebijakan keberadaan survei ini untuk lebih mudah dan menjangkau banyak pegawai. Survei dilakukan pada website Survei Budaya Kerja ASN 2023 melalui tautan:https://surveibudker.menpan.go.id/. Survei Indeks BerAKHLAK dan Survei Employee Engagement menyasar target responden ASN instansi pemerintah. Sementara target responden Survei Employer Branding adalah Mahasiswa,  diaspora/WNI di luar negeri (mahasiswa dan pegawai professional). Pengukuran survei, menyesuaikan beberapa tujuan: Pertama, mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi mengenai implementasi core values BerAKHLAK, keselarasan antara nilai pribadi dan organisasi serta aspirasi ASN terhadap kondisi budaya yang ideal. Kedua, mengetahui tingkat keterikatan ASN sehingga meningkatkan komitmen dan mempertahankan talenta terbaik. Ketiga, untuk melihat perspektif diluar ASN. Mengetahui tingkat ketertarikan masyarakat untuk bergabung menjadi ASN. Sehingga dari sisi rekrutmen, instansi pemerintah dapat memperoleh talenta yang diharapkan sesuai dengan target organisasi (targeted talent).
Komitmen yang kuat dari pimpinan organisasi menjadi penting untuk mendorong perubahan sistem kerja organisasi. Mengakomodirnya dengan panduan perilaku core values ASN BerAKHLAK merupakan perwujudan perilaku Insan Kementerian Agama. Membangun pola pikir, dan culture set ASN menjadi lebih adaptif, inovatif, dan responsif merupakan satu keniscayaan. Pengharapan internalisasi, aktivasi, dan penguatan budaya BerAKHLAK diharapkan dapat mewujudkan perubahan perilaku aparatur sipil negara (ASN). Sebagai panduan perilaku bagi ASN untuk meningkatkan kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan.

Pekanbaru, 25 Agustus 2023
Oleh: Andriandi Daulay

*) Opini ini merupakan pendapat pribadi penulis dan bukan cerminan sikap instansi tempat penulis bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar