Terus Melaju Indonesia Maju

H-1, Menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Tepat pada hari ini, Presiden Jokowi akan menyampaikan Pidato Kenegaraan Tahun 2023. Memberikan harapan dan dampak perkembangan kinerja ASN selama ini. Menorehkan peran penting dalam membangun dan menjaga kedaulatan, stabilitas, serta keberlanjutan negara Indonesia. Momentum Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, serta Pidato Penyampaian RUU APBN 2024. Simak bersama, demi kemajuan negeri ini.
“Semua elemen anak bangsa menyatu dalam perjuangan seiring derap pinta munajat pada Ilahi dan tujuan yang sama untuk mengambil kembali, mempertahankan kemerdekaan, dan menjaga kedaulatan negeri ini”
Kutipan kalimat Prof. Samsul Nizar (14/08/2023)

Pesan yang disampaikan dalam peran dan kedudukan profesi ASN. Pertama, memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme. Membangun rasa cinta yang kuat terhadap Indonesia, dan pandangan ini bentuk dukungan semangat perjuangan dan mempertahankan kemerdekaan serta kesatuan bangsa. Kedua, fokus pada upaya pemberdayaan masyarakat, peningkatan kualitas hidup, dan pembangunan infrastruktur guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Ketiga, membangun sikap positif terhadap pengabdian sosial. berkontribusi langsung dalam penyediaan layanan publik. bertujuan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia. Keempat, menjaga kedaulatan dan integritas NKRI. Pemersatu bangsa dengan pisau kebijakan. untuk menjaga integritas teritorial dan politik negara serta melindungi hak-hak kedaulatannya. Kelima, partisipasi aktif dalam proses demokrasi. Memiliki peran dalam menjaga sistem pemerintahan demokratis. Memberi dukungan pemilihan umum (tanpa keberpihakan), dan menghormati kebebasan berpendapat serta hak asasi manusia. Keenam, mengenang sejarah, dalam perjuangan bangsa. Memperingati HUT Kemerdekaan, serta mengenang pengorbanan pahlawan serta pejuang kemerdekaan. Ketujuh, Peningkatan profesionalisme dan kompetensi. ASN berkualitas akan lebih berdampak, memberikan kontribusi layanan publik yang lebih baik.

Ya Allah Tuhan tempat semua permohonan tertuju
Hanya kepada-Mu semua doa dan cita bertumpu
Semoga dalam Ridha-Mu pemimpin dan rakyat bertemu
Berikhtiar membangun bangsa bahu membahu
Semoga terus melaju untuk Indonesia Maju
Live di TV Nasional dan Youtube Sekretariat Presiden.

Hari Proklamasi RI, jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945. Momentum yang dimanfaatkan oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Proklamasi ini menjadi tonggak bersejarah yang menandai awal dari perjuangan panjang bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan dan kedaulatan. Semangat ini menjadi inspirasi bagi ASN untuk tetap berjuang dalam menghadapi segala tantangan ke depan. Hari kemerdekaan momen untuk merayakan persatuan dan keberagaman. Bangsa yang terdiri dari berbagai suku, agama, budaya, dan bahasa, namun bersatu dalam cita-cita yang sama untuk meraih kemerdekaan dan membangun negara yang lebih baik. Kemerdekaan juga mengandung makna kemandirian dan kemampuan untuk mengatur nasib sendiri. Mengembangkan kreativitas, inovasi, dan kemampuan dalam berbagai bidang untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan rakyat. ASN berperan mendorong masyarakat Indonesia untuk menunjukkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap tanah air. Komitmen untuk melanjutkan pembangunan dan menjaga nilai-nilai nasional.

Argumen ini untuk merenungkan sejenak perjalanan sejarah panjang Kemerdekaan. Memberi ruang mengenang pengorbanan para pahlawan. Menginspirasi ASN terus berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan adil. Namun, umumnya, ASN memiliki tanggung jawab untuk mendukung dan melanjutkan perjuangan yang telah dilakukan oleh para pendahulu dalam membangun negara yang merdeka dan mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar